Profilku

Yasir Maqosid lahir di Kota Pekalongan Propinsi Jawa Tengah 14 April 1980. Sejak kecil, anak dari pasangan M. Chudzil Chos dan Mutmainnah ini sudah diajari mengaji dan dikenalkan ilmu-ilmu keislaman. Mulai kelas satu SD sudah disekolahkan ke Madrasah Diniyah untuk belajar ilmu agama. Setamat SD dipondokkan di Pondok Pesantren Al-Falah yang terletak di desa Ploso Mojo Kediri Jawa Timur.

Di sana pengetahuan agamanya mulai terasah lewat didikan ketat pondok pesantren. Hapalan bait-bait nadzam (syair dalam bahasa Arab) harus dihapalkan, yang berisi ilmu tajwid, fikih, nahwu, sharaf, balaghah, hadits, mantiq, dll. Setelah 8 tahun nyantri di Al-Falah, kemudian dia meneruskan pendidikannya ke Lembaga Pendidikan Bahasa Arab (LPBA) Surabaya. Setahun setengah di Surabaya membekali diri dengan Bahasa Arab dan ikut menghapal Al-Qur`an pada Kyai Qasim, kemudian mengikuti test beasiswa ke Al-Azhar Mesir dan diterima.

Pada tahun 2002 dia berangkat ke Mesir dan kuliah di Al-Azhar Fakultas Ushuluddin Jurusan Tafsir dan Ilmu-ilmu Al-Qur`an. Di Mesir selain belajar formal di kuliah, dia juga belajar pada Syaikh Usamah Dabur (Imam Masjid Al-Bahi) yang kemudian banyak membantunya dalam menerjemah buku-buku berbahasa Arab ke dalam Bahasa Indonesia.

Allah memanggilnya ke Tanah Suci untuk melaksanakan Umroh Ramadhan pada tahun 2003 M. Kemudian pada tahun 2004 Allah memanggilnya lagi untuk menunaikan ibadah haji. Perjalanan haji inilah yang sangat berkesan di hatinya sehingga keinginan untuk berhaji kembali selalu ada.

Setamat dari Al-Azhar pada tahun 2006, dia pulang ke tanah air untuk menyebarkan ilmu yang sudah diamanatkan Allah kepadanya. Pada tahun 2007 hingga tahun 2008 bekerja di sebuah penerbit buku Islam, Pustaka Al-Kautsar sebagai editor. Selain itu, dia juga masih aktif menerjemah buku berbahasa Arab. Sampai saat ini karya terjemahnya ada 20-an buku, sedangkan buku yang sudah diedit mencapai 40-an buku.

Pada awal tahun 2009 dia kembali ke kampung halamannya di Kota Pekalongan. Di sana dia mengasuh pondok yang sempat vakum beberapa tahun karena ditinggal pengasuhnya. Sampai saat ini dia masih menjadi pengasuh di Pondok Pesantren Syafi’ i Akrom – Kota Pekalongan Jawa Tengah. Di tengah kesibukannya mengajar santri, dia juga membantu jamaah yang ingin menunaikan ibadah haji dan umroh melalui Biro Perjalanan Haji Hikmah Sakti Tour.

Dia juga aktif memposting tulisannya lewat internet di www.yasirmaqosid.multiply.com, merangkum perkembangan penerbitan buku melalui blognya www.penerbitanbuku.wordpress.com, memberi informasi seputar ibadah haji melalui blognya www.ibadahhaji.wordpress.com serta membantu orangtuanya memasarkan produk batik melalui blog www.batikpekalongan.multiply.com. Anda dapat menghubungi via e-mail: yasir.maqosid@gmail.com dan HP. 081542176705.

14 responses to “Profilku

  1. @ insansains
    Terima kasih atas kunjungannya. Semoga kita bisa mempererat tali silaturrahmi meskipun melalui dunia maya.
    Selamat berkarya, semoga sukses selalu menyertai kita semua.

    • Assalamu’alaikum, salam kenal ya pak.ustadz, maaf belum sempat di baca2 nh blognya. jdi blm bisa berkomentar banyak. Insya Allah nanti coba saya simak. dan pengen ikut blajar mnulis jga nh ttg haji umroh. di lain sisi saya jga pernah kuliah di jurusan manajemen haji umroh. smoga bisa silaturahmi lgi ya pak.tks sharenyaa

  2. Sebagai upaya mencari informasi tentang haji saya searching info yang saya inginkan tersebut dan saya coba mampir ke blog bapak..ternya informasinya cukup membantu saya dan dari sana saya ingin mengetahui lagi blog lain yang bapak publikasi. Sekali lagi terima kasih informasinya.

  3. Aduh hebat euy… Good luck Ustad buat karya2nya… saya sering buka2 blog ini kalau kebetulan jam istirahat dan gak ada bos ( he…) ya itung2 mengobati kerinduan saya pada Rumah Allah dan Cinta yang sempat aku tinggalkan saat umroh bersama salah seorang Mahasiswa Universitas Ummul Quran yang kebetulan waktu itu jadi salah 1 mutawif di Rombongan Umrohku. Mudah2an satu waktu dia membuka web ini… ” Maafin aku, yang harus berkata jahat pada dia, kalau dia lebih baik melupakan aku karena jarak dan usia….”. Makasih ya Ustad

  4. salam,
    sehat kang? masih inget kan mahasiswa tanta yang tinggal di cairo? he,,he,,, sekarang aku udah di tanta nich… di jumhur lagi. btw adik smpean katanya mo kesini yah! smpe skarang blm dnger kabar kedatangan mahasiswa baru d sni. moga aja lancar! tetap semangat berjuang! aku link blognya! link balik juga boleh kang… syukron!

  5. assalamualaikum…mas…meskipun baru kali ini sy membuka namun tdk ada salahnyakan kalau saya ingin silaturrahim dgn mas…saya smntr mengelolah blogspot namanya kiblatmanado@blogspot.com sy ingin mengembangkan oblog ini agar umat islam dpt mengetahui keberadaan saudaranya di ujung pulau sulawsi utara…trims atas silaturrahim ini.

  6. Assalamu’alaikum Wr. Wb. Salam kenal Ustadz, informasi yang antum sampaikan dalam blog ini sungguh banyak manfaatnya. Sekarang ana sedang menyusun langkah ke Baitullah, mohon support-nya agar bisa segera terealisasi… Jazakumullah khoiron katsiro…

    • Assalamualaikum, sekarang biaya umroh dan haji cukup mahal namun Arminareka Perdana memberikan solusi dengan cukup 3,5 juta utk DP umroh dan 5 juta utk DP haji plus maka Anda dapat wujudkan niat anda ke tanah suci wassalam, hub; H. Burhanudin AK, Lc divisi marketing Arminareka Perdana, 081808477065, 08159833425

  7. Wujudkan niat Anda untuk umroh atau haji tanpa kendala biaya bahkan Insya Allah GRATIS! Bergabunglah dengan kami dan kunjungi website travel haji umroh di TravelHajiUmroh.com, salah satu agen resmi PT. Arminareka Perdana.

  8. Assalamu’alaikum, salam kenal ya pak.ustadz, maaf belum sempat di baca2 nh blognya. jdi blm bisa berkomentar banyak. Insya Allah nanti coba saya simak. dan pengen ikut blajar mnulis jga nh ttg haji umroh. di lain sisi saya jga pernah kuliah di jurusan manajemen haji umroh. smoga bisa silaturahmi lgi ya pak.tks sharenyaa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s