Mafia Visa Umroh Kian Marak

Pemerintah Kerajaan Arab Saudi melalui Kedubesnya di Jakarta menyatakan, tidak akan menolerir keberadaan mafia visa umrah.

Sanksi tegas akan diberikan termasuk melakukan deportasi jika yang bersangkutan adalah warga negara Arab Saudi. Penegasan ini disampaikan oleh Kepala Konsuler Kedubes Arab Saudi, Abdulaziz A Argabi. “Siapapun mafianya tidak ada toleran.”

Dikemukakan Argabi, oknum yang selama ini diduga terlibat dalam kekisruhan persoalan visa bukan pegawai di Kedubes. Pihaknya pun membantah oknum yang berinisial UM merupakan wakil dari Kedubes. “Ia (UM) bukan staf dan tidak mewakili pemerintah Arab Saudi,” ungkapnya.

Argabi menjelaskan kejadian kisruh paspor yang beberapa waktu lalu terjadi di luar wewenang Kedubes. Kasus penyitaan paspor pun kala itu terjadi di luar kantor Kedubes. Peristiwa itu terjadi setelah visa berikut paspor dan dokumen pendukung telah dikeluarkan serta dinyatakan tak ada masalah. Pihaknya pun tidak pernah menahan paspor tersebut. Justru pihaknya mengaku kebingungan saat paspor dikembalikan lagi ke Arab Saudi oleh pihak kepolisian.

Lebih lanjut Argabi menegaskan pihaknya berkomitmen penuh memberikan pelayanan dan kemudahan bagi jamaah selama persyaratan terpenuhi. Tak ada diskriminasi apapun. Pelayanan serupa juga berlaku pula di sejumlah negara lainnya. Komitmen itu telah dibuktikan, tercatat pada Senin (18/4) kemarin sebanyak 6500 permintaan visa yang diajukan dapat diselesaikan dengan cepat. “Pagi masuk hari itu juga bisa langsung diambil,” tegasnya.

Kepala Bidang Informasi dan Budaya Kedubes Arab Saudi, Nawaf Naif Al Kurnas menegaskan hal yang sama. Oknum yang diduga menjadi biang permasalahan bukan pegawai kedubes. Tindakan oknum yang mempergunakan fasilitas Kedubes berupa plat nomor CD tak bisa dibenarkan. Apalagi mengatasnamakan wakil kedubes untuk mengajukan laporan ke kepolisian. “Dia bohong kalau staf harusnya ada ID,”kata dia

Nawaf mengatakan sebagai bentuk hubungan baik Indonesia dan Arab Saudi, pengurusan visa umrah ataupun haji tak pernah dipersulit, selama tidak ada kendala di persyaratan. Pihaknya pun tak membenarkan praktik mafia yang dijalankan oleh oknum tersebut.

6 responses to “Mafia Visa Umroh Kian Marak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s