Biaya Haji Bisa Naik

Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) ada kemungkinan akan akan naik, namun demikian bisa juga tidak naik. Hal ini dikemukakan Menteri Agama Suryadharma Ali setibanya di bandara internasional khusus haji bandara Soekarno– Hatta, Cengkareng, Banten, Kamis lalu.

Kenaikan biaya itu menurutnya karena untuk memberikan pelayanan pemondokan dan transportasi yang baik maka pemondokan harus berjarak paling jauh 4 Km dari Masjidil Haram, Makkah. Ikhwal pemondokan ini Menag membaginya dalam 2 ring. Yakni ring I dan II. Ring I jarak dari Masjidil Haram ke pemondokan hanya sekitar 2 Km. Ring ke 2 di atas 2 km sampai 4 Km.

Pada musim haji tahun 1430 H ini jarak terjauh antara Masjidil Haram ke pemondokan mencapai 7 Km. Jamhaj yang menempati pemodokan di wilayah ring I mencapai 27%. “Insyaallah untuk musim haii 1431 H (2010) tahun depan targetnya mencapai 50%”, ujarnya. Sedangkan pemondokan yang berjarak terjauh 4 Km maksimum akan ditempati oleh jamaah sekitar 50%. Mungkin saja untuk tahun depan pemondokan jamaah di ring I lebih dari 50% itu.

Menjawab pertanyaan wartawan media ini di Jakarta setibanya bersama kloter JKG – 01, Jakarta menurut Menteri Agama Suryadharma Ali, langkah langkah yang akan dilakukan untuk mencari pemondokan terjauh 4 Km adalah sejak operasional haji selesai, seluruh proses haji, pemulangan haji hingga Evaluasi Pelaksanaan Ibadah Haji yang diselenggarakan setelah operasional haji selesai.

Sejak itulah akunya, pihaknya bekerja untuk mencari tempat tempat yang bisa dipergunakan jamhaj. Baik pada ring I ataupun II. “Jadi sejak awal kita bekerja”, jelas Menteri Agama yang berada kembali di tanah air setelah menunaikan ibadah haji.

Sumber: informasihaji.com

9 responses to “Biaya Haji Bisa Naik

  1. kapan y bisa pondokannya paling jauh 1km?, kl ada paket biaya tambahan asal pondokan dekat kurang dari 1km, ngimn kl dicoba beberp kloter dl, sesuaikan dg kemampuan dpt pondokan yg dekt, kita istilahkan semi ONH plus, harga dibwh plus, lamanya ONH regular, meskipun bukan hotel yg bintang yg penting dekat, mudah2an Allah kabulkan doa kami.amin

  2. Assalamualaikum, sesungguhnya kemudahan naik haji itu dg segala fasilitasnya bisa dinikmati oleh jamaah Indonesia kalau seandainya pemerintah benar-2 tidak terlalu komersil artinya melayani jamaah dg tulus demi kemaslahatan umat seperti mengusahakan membeli tanah dan membangun asrama-2 haji di tanah suci seperti pemerintah Malaysia, Brunei atau negara-2 Asean lainnya, tentunya memikirkannya sejak zaman Soeharto dulu bukan sekarang karena jamaah kita terbanyak seluruh dunia dan termahal ONHnya dengan mengambil profit subhanaAllah…..Logikanya Malaysia yang negaranya seupil dg biaya ONH murah kok bisa membeli asrama utk kenyamanan jamaahnya. Sekarang utk naik haji harus antre sekitar 3-5 th sungguh memprihatinkan, biaya mahal dengan fasilitas ala kadarnya. Bagaimana pertanggunganjawabannya sementara diurus oleh orang2 yang ngerti agama.

  3. Ping balik: Buku Keagungan Makkah Dan Madinah Diminati Masyarakat Indonesia Di Hongkong | yuwhie

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s