Hotel Arab Saudi Rugi 1 Milyard Real

Para pengusaha perhotelan di Arab Saudi tak behasil mengeruk untung pada musim haji tahun 1430 Hijriyah ini. Sejumlah pengusaha perhotelan bahkan harus banyak mengelus dada karena turunnya jumlah jemaah haji dampak kasus Flu Babi yang menimpa dunia. Menurut laporan mereka yang dikutip harian Ukaz edisi Ahad, 6 Desember kemarin, kerugian mereka mencapai 1 milyar Riyal atau sekitar Rp 2,7 Trilyun.

Khalil Bahader, Ketua Komite Hotel dan Pariwisata pada kamar Dagang dan Industri Mekah mengatakan, pendapatan pengusaha hotel berkurang 70%. Kalangan perhotelan sangat terpukul karena jemaah haji kelas atas (hajj fanadiq) berkurang jauh tahun ini karena isu Flu Babi. Bahkan warga Arab Saudi sendiri memilih berlibur ke luar negeri daripada melaksanakan ibadah haji karena kasus itu.

Padahal, menurut Bahader, kalangan perhotelan sudah didera kerugian besar saat Ramadan lalu yang seharusnya menjadi panen mereka. “Pada bulan Ramadan lalu kami banyak rugi karena juga ketakutan Flu Babi,” katanya. Musim haji diharapkan bisa menutupi kerugian itu. Tapi, perhitungan mereka meleset.

Karena itu Bahader mengusulkan agar pemerintah segera membentuk komite yang terdiri dari beberapa kementerian dan unsur swasta untuk mempelajari perrsoalan ini. Bahader meminta pemerintah memberi kompensasi atau pinjaman, serta penurunan tarif.

Menurut analisa pengusaha hotel-hotel kelas atas itu,  penurunan jumlah jemaah haji elite ini tak lain karena adanya larangan Pemerintah Arab Saudi yang diratifikasi sejumlah negara-negara Arab untuk melarang jemaah haji  hamil,  usia di bawah 16 tahun, dan jemaah berusia di atas 65 tahun. Sebab, justru jemaah itulah yang menjadi 40% dari pangsa pasar pengusaha perhotelan.

Sumber: informasihaji.com

4 responses to “Hotel Arab Saudi Rugi 1 Milyard Real

  1. Ping balik: Buku Keagungan Makkah Dan Madinah Diminati Masyarakat Indonesia Di Hongkong | yuwhie

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s