Pembangunan Rel Kereta Api Makkah-Madinah Dimulai

Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah menandatangani perjanjian pembangunan jalan kereta api Mekah-Madinah-Jeddah dengan biaya SR6,79 miliar yang dilaksanakan oleh konsorsium yang dipimin perusahaan raksasa Arab Saudi, Al-Rajhi.

Penandatanganan dilakukan Menteri Keuangan Arab Saudi Dr. Ibrahim al-Assaf dan Menteri Transportasi Dr. Jabara Al-Seraisry dan dari pihak Al-Rajhi diwakili Sulaiman Abdullah Al-Rajhi, yang menjabat sebagai ketua konsorsium yang melibatkan kontraktor Al-Arrab dan 18 perusahaan Cina.

Proyek ini adalah prakarsa Khadimul haramain untuk memudahkan transpotasi jemaah haji dan umrah. Jelur kereta api akan dibangun sepanjang 450 kilometer yang akan menghubungkan Mekah-Madinah dan Jeddah. Nantinya, kerea api yang dipergunakan adalah TGV (Prancis) yang emiliki kecepatan 320 kilometer perjam. Jarak tempuh Mekah-Madinah atau Jeddah-Madinah hanya sekitar 2 jam. Sementara perjalanan dari Bandara Raja Abdul Aziz Jeddah menuju kota suci Mekah ditempuh hanya dalam waktu 30 menit.

Tahap pertama dari proyek ini akan mencakup persiapan tanah, pemangunan jembatan, dan terowongan. “Kami mempertimbangkan sebuah proyek besar dalam sejarah transportasi di Kerajaan Arab Saudi,” kata Al-Seraisry. “Kereta berkecepatan tinggi tidak hanya akan mempersingkat durasi perjalanan tetapi juga menjamin kenyamanan penumpang,” katanya seperti dikutip harian Arab News edisi Jumat, 5 Maret kemarin. Kereta api ini akan dikelola Saudi Railway Organization (SRO).

Menurut Abdul Aziz Al-Hoqail, presiden SRO, proyek akan selesai pada pertengahan tahun 2012 dan uji coba operasi akan dilakukan untuk jangka waktu enam bulan sampai resmi diluncurkan pada bulan November tahun yang sama. “Kereta api peluru yang menghubungkan Mekah dan Madinah yang aman akan meluncurkan jemaah dan penumpang lain dengan nyaman. Kereta api tersebut akan dilengkapi sistem komunikasi terbaru,” katanya.

Investasi grup Al-Rajhi untuk proyek ini mencapai 63,75%, sementara konsorsium perusahaan Cina mencapai 21,25%. Alstom, perusahaan transportasi Perancis pembuat kereta api cepat TGV akan menawaran pilihan transportasi. “Kami sangat antusias mengenai proyek yang akan melayani jutaan peziarah ini,” kata Samer MS Arafa, eksekutif Vice President Al-Arrab, mitra Al-Rajhi. Dia menambahkan bahwa perusahaan akan menyelesaikan proyek sesuai jadwal.

Sumber: www.informasihaji.com

10 responses to “Pembangunan Rel Kereta Api Makkah-Madinah Dimulai

  1. wah arab-saudi akan punya kereta TGV, indonesia keduluan lagi nih. Seandainya aja jakarta-surabaya punya KA 200km-250km/jam aja sudah baik sekali ekonomi kita, jadi sayur n buah segar jatim bisa cepat nyampe jakarta, kalo sekarang begitu nyampe jakarta eh sudah layu sayurnya.

  2. Untuk negara petro Dollar sekelas Arab Saudi, pembangunan ini bukan hal yang berat,yang lebih spetakuler dari kereta ini pun bisa ditunjang oleh finansial yg baik.

  3. wauuu…
    ikut senang deh dengan adanya pembangunan rel k.a itu,mudah2an dg ridho Allah projek besar ini cepat selesai dan mudah2an aku bisa ikut mencobanya
    Amiiim

  4. Saya pulang umroh kemarin tanggal 17 Juli, melihat pembangunan rel Kereta Listrik sudah mencapai Arafah, Mina, terus ke Jeddah. Subhanalloh pemerintah Arab Saudi terus melayani para jemaah dengan baik. Semoga Umroh dan Hajinya mabrur ……..amienn.

  5. Ping balik: Buku Keagungan Makkah Dan Madinah Diminati Masyarakat Indonesia Di Hongkong | yuwhie

  6. Mudah2an denga adanya rencana pembngunan rel kereta apai jalur makkah-Madinah, akan membuat ibadah Haji semakin khusu dan semakin memprmudah jamaah dalam menyempurnkan rukun islam ke 5

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s