Makkah dan Sejarahnya

Makkah terletak sekitar 600 km sebelah selatan kota Madinah, kurang lebih 200 km sebelah timur laut kota Jeddah tepatnya pada koordinat 21°25′24″LU,39°49′24″BT. Koordinat:21°25′24″LU,39°49′24″BT. Kotanya merupakan lembah sempit yang dikelilingi gunung gunung dengan bangunan Ka’bah sebagai pusatnya. Dengan demikian, pada masa dahulu kota ini rawan banjir bila di musim hujan sebelum akhirnya pemerintah Arab Saudi memperbaiki kota ini dan merenovasi kota ini. Seperti pada umumnya kota kota di wilayah Arab Saudi, kota ini beriklim gurun.

Kota Makkah dikenal sebagai kota dagang, pada masa lalu dikenal dengan jalur perdagangan antara YamanMakkahMadinah-Damsyiq (Damaskus) dengan penghasilan sekali pemberangkatan kafilah mencapai 600.000 pound. Selain dikenal kota dagang, ekonomi juga bertumpu dengan pertanian dan peternakan serta pelayanan jasa untuk jemaah haji diantaranya usaha perhotelan dan penginapan.

Sejarah Kota Makkah

Perkembangan kota Makkah tidak terlepas dari keberadaan Nabi Ismail dan Hajar sebagai penduduk pertama kota ini yang ditempatkan oleh Nabi Ibrahim atas perintah Allah. Pada perkembangannya muncul orang orang Jurhum yang akhirnya tinggal di sana. Pada masa berikutnya kota ini dipimpin oleh Quraisy yang merupakan kabilah atau suku yang utama di Jazirah Arab karena memiliki hak pemeliharaan terhadap Ka’bah. Suku ini terkenal dalam bidang perdagangan bahkan pada pasa itu aktivitas dagang mereka dikenal hingga Damaskus, Palestina dan Afrika. Tokoh sebagai kepala kabilah quraisy adalah Qussai yang dilanjutkan oleh Abdul Muthalib. Nabi Muhammad adalah keturunan langsung dari Nabi Ismail serta Qussai.

Pada tahun 671, Nabi Muhammad lahir di kota ini dan tumbuh dewasa. Pertama kali menerima wahyu dari Allah namun ajarannya ditolak kaumnya yang saat itu masih berada dalam kegelapan pemikiran (Jahilliyah) sehingga berpindah ke Madinah. Setelah Madinah berkembang, akhirnya Nabi Muhammad kembali ke Makkah dalam misi membebaskan kota Makkah tanpa pertumpahan darahyang dikenal dengan (Fathul Makkah).

Pada masa selanjutnya Mekah berada di bawah administrasi khalifah yang berpusat di Madinah, serta para raja yang saat itu berkuasa di Damaskus (Dinasti Ummayyah), Baghadad (Dinasti Abbasiyah) dan Turki (Usmaniyah) yang ketika itu di bawah Syarif Hussein. Kemudian disatukan di bawah pemerintahan Arab Saudi oleh Abdul Aziz bin Saud sampai sekarang.

Sumber: id.wikipedia.org

32 responses to “Makkah dan Sejarahnya

  1. @ insansains
    Mudah-mudahan antum bisa ziarah ke Tanah Suci dan pulang membawa predikat haji mabrur.
    Insya Allah di blog sederhana ini akan dikupas tentang tips-tips agar bisa “dipanggil Nabi Ibrahim” ke tanah suci.

  2. awal tahun ini, januari, saya begitu ingin naik haji, tergetar rasanya melihat mereka yg datang ke tanah haram dan mendengar kisah2 mereka. padahal, secara financial, gaji saya hanya cukup u/ hidup sehari2.. di angan saya, mungkin menabung 10 thn bs naik haji… menyisihkan penghasilan…
    alhamdulillah, subhanallah, panggilan itu datang bulan juni ini dalam bentuk menjadi petugas kesehatan kloter haji. doakan supaya perjalanan ini lancar. sekarang saya sedang mempelajari dan menyiapkan diri menuju kesana. semoga Allah senantiasa memberi petunjuk. kesana untuk bekerja, memang, tetapi semoga Allah memberi jalan untuk juga memenuhi panggilanNya.

  3. alhamdulillah atas izin Allah saya dan suami akan berangkat ke tanah suci, mhn do’anya agar kami dimudahkan dalam segala urusan, diringankan segala beban diberi kesabaran, kesehatan dan dapat menjadi haji yang mabrur, amiin

  4. sudah bagus, tapi mohon dilengkapi lagi dg tempat2 yg besejarah, dg keterangan lokasinya. misalnya tempat A jarak dari makkah berapa KM, arah mana dan seterusnya

  5. gkohljudfioxigkdhfudsf ndfdgskjcnjfhgdkzscb bdgjsvjb d fhdjsbg gv dgsgjkd gdhslsajk vgdjfgjsdba d
    dsfkhdxklusgtkf bjdfjkdgtskfcbjklas aLJSDilafbgjlsd bvflAUEU’klsajf 935 jghiudhgkapsfldkioshgl sh85969 rnmisdflshghtergfvdt difuhduihvfiosy dsdhgtuo zdlfhishuyi ishiob odghsuofgzsdo ouihgkldshigou sgiohaoighidhos sdghuiohdklsfioas fbuewtrih kl764895 t3563ueihfrei65teuisdfhncx vf dsutyuisedfoaue’aisdoayufidnhsgui freiu56yehio58urjeoipyfhidk fuhyeru8dish f8efn e8s75trehigftoery8togeosut9 tuirieugtopdsiopgtjmguioreu89tpzsdfn urt65 nhjrokgy yiru iuryperoouodjgjgjgjgjoiug iuhyrotuhjyirpzsfun jgoiptgujdopxg iheprIDKSOAWU4R FKHWPEI9RUOYT78GKFNHK JGKJFY A ASKERHJTGND;SKHaSJHHGFIDHGHDFIHYGIDFHIOGY

  6. semoga allah memperkenankan doa ku di bln romadhan ini dan bisa mengantar aku , istriku dan anak2 ku sujud dirumah yang sangat mulya Ka’bah al mukarrammah , karna ka’bah bagaikan ibunda ku yang tercinta , aku rindu sekali ingin dipelukannya.untuk menumpahkan segala isi hati ku yang lama terpisah .

  7. Ya Allah,.hambamu yang lemah ini,pengen bnget naik haji ato umroh…
    mudah-mudahan niat baik saya ini di kabulkan ya Allah..makkah n madinah saya sangat merindukan kalian..

  8. Allaahumma’zuqnaa ziyaarata baitikal haraam liada’i faridhotil haajj.. wa ziyaarata habiibika Rasullah Muhammad SAW… Allaahumma waffiqnaa wa ainna alaihi, amien ya mujiebassailien ya khairurraziqien ….

  9. Allaahummar’zuqnaa ziyaarata baitikal haraam liada’i faridhotil haajj.. wa ziyaarata habiibika Rasullah Muhammad SAW… Allaahumma waffiqnaa wa ainna alaihi, amien ya mujiebassailien ya khairurraziqien ….

  10. Akupun rindu untuk kembali bersimpuh di hadapan Hajjar Aswad,yang ketika itu tahun Haji 2009 aku menunaikan rukun islam yang ke 5, tak sempat untuk mencium/ngucup karena memang belum ada ijin Allah.Di hadapan Ka’bah aku berurai air mata.Jika ingat betapa besar kuasa Allah.Yang mana aku dari mu’alaf (Hindu),mendengar jawaban saudara muslim yg mengatakan bahwa doaku tidak terkabul(jika mendoakan ortu krn beda agama).Namun Allah maha besar,dihadapan Ka’bah bayangan almarhumah ibuku tersenyum manis menyertaiku

  11. kadang orang / kita berlomba – lomba ingin beli mobil dan rumah serta menumpukan harta dan membuang rezki yg dibelikan Allah . padahal rugi manuasia yang diberikan rezki berlebihan tidak pernah k esana . ALLAH MAHA BESAR . ALLAHAM DULLIAH aku pernah kesana diberankatkan oleh pimpinan perusahaan ku kerja . padahal aku tak mungkin kesana kalau dihitung dengan gaji . setelah aku kesana .aku merasa banyak keajaiban yang spritual yang kualami . DAN MENURUTKU TIDAK ADA KEBAHAGIAN YANG HAKIKI DIDUNIA INI SELAIN DISANA dan sampai hari ini aku berdoa, supaya bisa kembali kesana lagi .AMIN YAALLAH.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s